Follow Us @soratemplates

Thursday, March 20, 2014

Senandung ROKOK~


Assalamualaikum. :)

Hayhalooo, kali ini mau berbagi informasi yang sebenarnya sudah umum dan mungkin teman-teman sdh pada tahu soal ini. Tapi tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali. ;) semoga bermanfaat! :) cek it now. ^^

Kenali Racun yang Ada pada Rokok
Jika kamu perokok, kamu mengisap kurang lebih
4.000 bahan kima, dengan tiga komponen utama, yaitu nikotin, tar dan karbon monoksida. Nikotin menyebabkan ketergantungan, tar bersifat karsinogen (penyebab kanker), karbon monoksida memliki daya ikat sangat kuat terhadap hemoglobin sehingga kadar oksigennya dalam darah dapat berkurang. Selain ketiga bahan kimia tersebut, rokok mengandung beberapa bahan kimia berbahaya. Kamu dapat melihat beberapa bahan kimia yang terdapat dalam rokok pada gambar berikut.

Menghindarkan Diri dari Rokok
Merokok seringkali dikaitkan dengan kebiasaan hidup seseorang, seperti kebiasaan merokok sesudah makan. Meskipun demikian, jika kamu memiliki keinginan kuat untuk berhenti merokok, kamu dapat mengikuti kiat-kiat berikut.

1.      Teman kamu merokok
Teguhkan niat untuk berhenti merokok dan percaya diri. Jangan terpengaruh oleh temanmu.

2.      Ingin sekali merokok
Alihkan perhatian, ingatkan diri akan bahaya rokok, minum air putih yang banyak, dan bernapas panjang yang dalam beberapa kali.

3.      Gelisah, sulit konsentrasi, pusing, dan tidak bersemangat
Gerakkan badan di udara segar, rentangkan kaki selebar bahu, tarik napas yang panjang dan dalam, serta lakukan beberapa kali pemijatan pada garis tengah pucuk kepala dalam 30 hitungan.

4.      Susah buang air besar
Makanlah sayur, buah segar, dan minum banyak air putih.

5.      Rasa lapar dan berat badan naik
Kendalikan diet dan lakukan olahraga.

6.      Ingin merokok sesudah makan
Segera berdiri dan lakukan kegiatan lain.

7.      Biasa merokok sambil minum kopi
Gantikan kopi dengan minuman lain. Makan permen pengganti rokok.

8.      “Kehilangan” rokok di tangan
Gantikan dengan benda lain.

Jika kamu belum pernah mencoba merokok, hindarilah untuk mencobanya. Karena lebih mudah untuk menghindari dari kebiasaan merokok daripada berhenti merokok.


No comments:

Post a Comment