Follow Us @soratemplates

Thursday, December 25, 2014

Teknik Belajar Secara Mandiri: Membaca Efektif


Assalamualaikum :)

Berbagi sedikit informasi yang telah didapat saat pelaksanaan Latihan Kepemimpinan Islam Dasar (LKID). Dari buku "Menjadi Pemimpin Muslim Sejati". Semoga bermanfaat. :)

Dengan membaca manusia akan memiliki wawasan luas dan kekayaan ilmu pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Banyak mahasiswa gagal studi hanya disebabkan oleh
perseolan sepele, yakni tidak dapat membaca secara efektif. Beberapa literatur yang dipinjam dari perpustakaan dan beberapa buku yang dibeli berdasar anjurang sang dosen akhirnya tetap menumpuk di atas meja belajarnya tanpa ditelaah, sampai akhirnya harus maju ujian dan gagal. Ada juga buku yang barangkali pernah dipegang dan dibaca, tetapi baru beberapa halaman awal lalu ditinggalkan. Faktor penyebab terjadinya hal tersebut dapat ditebak dengan mudah, yakni karena tidak mengetahui teknik membaca efektif. Berikut ini akan dipaparkan beberapa teknik membaca.

Teknik Membaca Lengkap (SQ3R) dari Robinson

1. Survey 
Survey merupakan upaya mengenal bahan sebeleum membaca secara lengkap. Tujuannya menangkap ide-ide penting, melihat organisasi bahan bacaan, meningkatkan minat baca dan perhatiaan, serta mempermudah pemahaman lebih lanjut. Untuk membaca sebuah buku, survey yang perlu dilakukan meliputi daftar isis, pengantar/pendahuluan, bab, tabel, indeks, appendiks, gambar, dan lain-lain. Untuk mensurvei sebuah bab, dapat dilakukan dengan memperhatikan ringkasan (bila ada), paragraf pertama dan terakhir, sub judul, grafik, peta, gambar, bagan dan lain-lain.

2. Question
Bersamaan, atau setidak-tidaknya sesaat sesudah survey, perlu mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang isi bacaan. Pertanyaan dapat diformulasi dari judul, sub judul, atau bahan lain. Semua kata tanya dapat digunakan untuk membuat pertanyaan yang dimaksud. Semakin sempit yang disurvei, pertanyaan yang dikemukakan seharusya semakin terfokus.

3. Read
Membaca tulisan ilmiah tidak sama dengan membaca novel atau cerpen. Membaca cerita hanya mengikuti apa yang sedang berlangsung, sedang membaca karya ilmiah dilakukan dengan mencerna, menyerap, dan mengkritisi bacaan. Pada periode ini perlu mencari jawaban atas pertanyaan yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya.

4. Recite
Pada saat membaca disarankan untuk tidak membuat tanda-tanda tertentu pada bacaan maupun membuat catatan. Setelah selesai membaca satu bagian, barulah memberi tanda berupa garis stabilo pada bagian yang dianggap perlu, atau membuat catatan. Bila satu bagian tidak dipahami, harus dibaca ulang hingga paham.

5. Review
Setelah selesai membaca dan membuat catatan, perlu melihat ulang bagian-bagian penting dan mengingat pokok bahasan di dalamnya. Dengan demikian, isi bacaan akan lebih lama di dalam memori.


Teknik Membaca Tak Lengkap

1.      Skimming
Tujuan skimming adalah sekedar menemukan ide pokok seperti: topik bahasan, opini orang lain, bagian tertentu yang dianggap penting, organisasi penulisan, atau penyegaran pengetahuan sebelumnya.

2.      Scanning
Cara membaca dengan melompat untuk mencari hal-hal yang diperlukan saja seperti fakta khusus atau informasi tertentu seperti angka, arti kata dalam kamus dan lain-lain.


Teknik membaca apapun yang dipergunakan, tidak akan berguna secara optimal jika tidak didukung oleh dua hal, yakni konsentrasi yang tinggi, serta motivasi yang kuat untuk menggali dan mengkaji buku yang akan dibaca. Kedua hal tersebut harus dijadikan modal dasar untuk membaca buku terutama buku-buku ilmiah.
Mengetahui serangkaian teknik belajar efektif, tidak akan ada artinya jika tidak memiliki dorongan kemauan kuat untuk belajar. Inner motive atau motivasi internal mutlak diperlukan oleh setiap mahasiswa yang ingin maju. Dengan motivasi belajar yang kuat, seseorang akan tetap dapat belajar meskipun tanpa teknik belajar efektif. Seseorang mahasiswa yang memiliki motivasi belajar kuat, dan memadukannya dengan teknik belajr efektif, akan mendatangkan hasil yang jauh lebih optimal. Pada akhirnya, akan dapat memetik buah kerja kerasnya: menyelesaikan tepat waktu, dengan IP tinggi. Semoga :) :)

No comments:

Post a Comment