Follow Us @soratemplates

Sunday, March 26, 2017

(sedikit) Perubahan



Setiap manusia akan berubah seiring waktu. Suka atau tidak suka. Segala hal pun akan turut serta berubah. Lingkungan sekitar, teman-teman, kerabat, alam semesta, cuaca, apapun itu segalanya akan berubah.

Tapi dalam perubahan itu, ada orang yang terus menerus menyertai perubahan kita. Orang yang menyaksikan kita menjadi berbeda dari yang sebelumnya. Tahu betul apa yang menyebabkan kita menjadi berbeda. Orang-orang yang mampu menyertai perubahan kita adalah orang-orang yang kedepannya akan menjadi orang yang dekat. 


Diluar sana, banyak orang yang akan bertanya-tanya mengapa kita menjadi seperti itu atau seperti ini. Ada yang suka ada yang tidak. Mereka hanya melihat hasil akhir dari perubahanmu tanpa tahu apapun tentang proses yang kamu alami. Maka biarkanlah orang seperti mereka berkomentar apapun, dan tetaplah kalian berjalan kedepan. Dengarkan dan ambil yang baik saja.

Tidak semua orang yang dekat dengan kita saat ini pun kedepannya akan bisa dan mampu menyertai perubahan yang terjadi pada diri kita. Saat bertemu di masa datang setelah terputus sekian lama, mereka akan bertanya-tanya mengapa kita berubah. Dan kita pun kesulitan menjelaskan proses perubahan itu.

Saya selalu memilih untuk berubah sepanjang hari meski perubahan itu sangat kecil. Bangun dari jam 3.30 maju menjadi 3.23. Dan saya penasaran dampak apa yang terjadi dengan perubahan 7 menit. Saya membiarkan orang lain berkomentar apapun tentang diri saya. Lalu saya memilih untuk menjadi diri sendiri dan tidak peduli apa kata orang. Dalam hidup ini, saya kadang memilih untuk menulikan telinga dari kata-kata berisik diluar sana. Untuk saya tetap berjalan ke tujuan yang ingin saya capai tanpa mendengar sorak-sorai diluar sana, sekalipun itu sebuah dukungan ataupun cacian. Aku terus berjalan.

Perubahan dalam diri kadang tidak bisa diterima oleh orang lain. Percayalah, bahwa orang-orang yang baik akan menerima semua perubahan yang baik, jika perubahan itu buruk, maka dia akan mengingatkan. Orang-orang yang tidak bisa menerima perubahan kita, jangan-jangan mereka akan menghambat langkah kita untuk maju, menginginkan kita tetap seperti di masa lalu (?)
Ciptakanlah perubahan itu sendiri dan kendalikanlah, karena jika tidak kamu yang mengendalikan waktu itu. Maka waktu yang akan mengendalikan perubahanmu. Menjadilah diri sendiri. Sekalipun orang lain tidak bisa menerimanya, akan tetap ada orang-orang yang akan menerimamu dengan tulus. Orang-orang baru dalam perjalanan perubahanmu yang kamu temukan.

Hiduplah untuk masa depan, masa lalu tidak selalu bisa menjadi tolak ukur untuk mengambil keputusan di masa depan. Jika kamu pernah tersakiti di masa lalu, maka percayalah bahwa masa depan selalu menyimpan kemungkinan baik. Jika kamu pernah dikhianiti dimasa lalu, maka percayalah bahwa masa depan selalu menyimpan kepercayaan.

Perubahan adalah sebuah kemutlakan, kita tidak akan bisa menjalani hidup dengan cara masa lalu untuk hidup di masa depan. Ambillah yang baik dan banyak-banyaklah belajar dalam hidup :)

Kurniawan Gunadi

Kalian dan saya bertanya? Mungkin tulisan dari Mas Gun itu bisa mewakili. Jika kalian atau saya berubah itu karena ada proses atau sesuatu hal yang mungkin sangat menguncang dan orang lain ataupun kita tidak akan mengerti walaupun dijelaskan. Ambil yang baik-baik saja, perubahan itu pasti beralasan. Kita hanya saja belum terbiasa dengan perubahan itu. Tenang saja orang yang kalian dan saya temui masih sama, tinggal bagaimana kalian dan saya menghadapi dan menyikapi sedikit perubahannya.

No comments:

Post a Comment