Follow Us @soratemplates

Tuesday, March 12, 2013

Pembahasan Soal UN Biologi

  1. Menjelaskan danpak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan

    Pembahasan:
    Salah satu dampak negatif bioteknologi adalah berkurangnya keanekaragaman hayati. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan penyeimbangan antara penanaman tanaman transgenik dengan tanaman lokal.
    Jawaban: A

  2. Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.

    Pembahasan:
    DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribonukleat termasuk salah satu jenis asam nukleat. DNA merupakan materi genetik yang membawa informasi genetik dan terdiri atas dua rantai nukleotida (double helix/berpilin ganda) panjang. DNA tersusun atas fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen. Basa nitrogen pada DNA terdiri atas adenin (A), guanin (G), timin (T), dan sitosin (C). Adenin dan guanin disebut basa purin. Sitosin dan timin disebut basa pirimidin. G berpasangan dengan C dan dihubungkan oleh 3 ikatan hidrogen. T berpasangan dengan A dan dihubungkan oleh 2 ikatan hidrogen. DNA terdapat di kromosom, nukleoplasma, mitokondria, dan kloroplas.
    Jawaban: A

  3. Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin.

    Pembahasan:
    Tuba Fallopi (oviduk) adalah struktur yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Ujung tuba Fallopi yang dekat dengan ovarium membentuk corong berjumbai (fimbrae) yang berfungsi untuk menangkap ovum. Tuba Fallopi (oviduk) merupakan tempat terjadinya fertilisasi.
    Jawaban: C

  4. Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.

    Pembahasan: 
    Osteoporosis adalah penyakit yang disebabkan oleh tulang yang semakin keropos, atau rapuh karena kekurangan kalsium.
    Osteomalasia adalah keadaan yang ditandai dengan tulang-tulang yang melunak karena gangguan kalsifikasi sebagai akibat kekurangan vitamin D dan kalsium.
    Osteoarthritis adalah menipisnya tulang rawan sehingga mengalami degenerasi, akibatnya, terjadi gangguan jika sendi digerakkan.
    Jawaban: C
     
  5.  Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.

    Pembahasan:
    Sel hewan dan tumbuhan merupak sel eukariotik, yaitu sel dengan nukleus yang tebungkus membran. Nukleus merupakan organel yang mengatur seluruh kegiatan sel. Sel hewan tidak memiliki dinding sel dan plastida, tetapi memiliki sentriol. Sel tumbuhan memilki dinding sel dan plastida, tetapi tidak memiliki sentriol.
    Jawaban: E

    Kembali ke SOAL

No comments:

Post a Comment