Follow Us @soratemplates

Tuesday, December 31, 2013

Memaknai Pergantian Tahun. :)


Assalamualaikum. :)

Teman, sahabat, saudara. Kali ini aku mau berbagi sedikit masalah Pergantian Tahun. :) so cek it now! ;)

Hari ini, selasa 31 Desember 2013 sebagai hari terkahir untuk tahun 2013. Tinggal beberapa jam lagi kita akan masuk pada tahun yang baru, 2014. Semua orang mungkin telah bersiap-siap untuk merayakan pergantian tahun. Tapi pernah kah muncul d benakmu tentang makna sebenranya pergantian tahun tersebut? ;)

Seseungguhnya Allah telah menetapkan dalam sistem alam semesta ini seperti yang tertulis dalam QS. At-Taubah:36 “sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah 12 bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi” 

Setiap 12 bulan maka tahun akan berganti. Umur kita juga dihitung dari pergantian tahun. Hal tersebut agar dalam pergantian tahun demi tahun atau bertambahnya umur kita di setiap tahun, diharapkan kita dapat memperhatikan bagaimanakah kita dalam menggunakan waktu setahun yang diberikan kepadanya.

Setiap pergantian malam, hari, bulan, tahun, sudah seharusnya kita maknai. Bukankah setiap pergantian itu berarti telah mengikis sisa-sisa umur kita. Setiap hari berganti berarti telah berkurang umur kita sehari dan apabila terjadi pergantian tahun berarti telah berkurang pula umur kita setahun, secara tidak langsung semakin dekat kita dengan pintu kubur. Lantas, pantaskah kita merayakan malam pergantian tahun dengan berpesta pora menghamburkan uang demi kesenangan dunia sesaat yang sebenarnya makin mendekatkan kita pada pintu kematian? :) Think again saudaralku. ;)

Allah telah memperingatkan agar kita manusia menjaga waktu dengan sebaik-baiknya. Waktu itu diisi dengan iman dan amal shaleh, sehingga kita bukan termasuk dalam orang-orang yang merugi. Seperti dalam surah Al-‘Asr 1-3 “Demi masa. Sungguh manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran” (yang ada lagunya itu loh. :D)

Pergantian tahun dan perpanjangan umur merupakan nikmat yang Allah berikan pada kita manusia. Dengan syarat kita harus menggunakan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya sebab semua itu akan diminta pertanggungjawabannya di hari kemudian. ;)
Apa yang harus kita lakukan? Setiap 12 bulan, tahun akan berganti. Hal ini dimaksudkan agar kita sebagai manusia dapat melakukan evaluasi atas perbuatan kita di masa lalu, sehingga dapat memperbaikinya di tahun berikutnya. Kalau di masa lalu mungkin masih bolong-bolong ibadahnya :D (hayooo, yang sholatnya kalau udah dekat waktunya habis :D) nyokkkkk, diperbaiki di tahun berikutnya, sesungguhnya Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk memperbaikinya di tahun berikutnya. :) :) :) 



Sudah sepatutnya, ketika tiba saatnya pergantian tahun nanti, ketika malam sunyi, dalam keadaan sendiri (apalagi anak kos yang hanya d kosan sja atau dikotanya lagi hujan deras termasuk Jogja. :D). Cobalah merenung, dan dengarkan kata hati kita (asikkk :D) sebenranya apa yang kurang dan apa yang HARUS diubah untuk tahun berikutnya. Menghadirkan Allah dalam diri kita. Semua itu jauh lebih baik. :) Bergembira boleh saja tapi jangan sampai lupa diri, berlebihan dan lainnya teman. :) bergembiralah bahwa kita masih diberi kesempatan merasakan tahun 2014 nanti, untuk memperbaiki semuanya menjadi lebih baik. :)
 
Nyokkkkk, mulai sekarang buat komitmen teman-teman apa yang harus d ubah di tahun 2014 nanti. ;) mungkin dengan membuat tulisan di karton lalu ditempel di dinding kamar/kosan. :D atau buat Sticky Notes di laptop terus jadikan background laptopnya. :D apalagi buat teman-teman yang banyak tugas kuliah yang menggunakan laptop, pas banget buka laptop langsung ingat apa yang mesti d capai d tahun 2014. seperti ini. :)

Ini komitmenku, apa komitmenmu? ;)



CATATAN:
Disini aku bukan bermaksud mengajari teman-teman semua atau bermaksud untuk menyinggung siapapun, aku juga bukan manusia yang benar-benar suci yang selalu berbuat baik atau apalah. Enggak. Aku sama seperti teman-teman yang masih belajar, masih mencari jalan terbaik. :) ini buat sharing aja ke teman-teman, masalah diamalkan atau tidak terserah teman-teman. Monggo. ;) :D

http://coretanadhansagala.blogspot.com/2013/12/menyikapi-tahun-baru-dalam-pandangan.html

No comments:

Post a Comment