Follow Us @soratemplates

Thursday, December 26, 2013

DORA THE EXPLORER #3 - Jogja


Assalamualaikum. :)
Hayhalohola. Kali ini mau bagi pengalaman lagi tentang dua anak perantau baru di Jogja yang masih mencoba jalan-jalan tanpa peta, baling-baling bambu ataupun pintu kemana saja. Waktu itu hari Rabu, dosennya enggak masuk jadi nyokkk kita jalan-jalan ke kota. Kali ini ceritanya mau beli perlengkapan kost yaitu magic jar. Yah kemana lagi kalau bukan ke malioboro. Yang udah pernah baca seri sebelumya pasti udah tahu kita naik apaan ke sana.

Singkat cerita, bus jalur 4 yang kita naiki tuh berhenti tepat di depan mall malioboro dan di depan penjual es McDonalds. Anyep-anyep keluar dari bus langsung tuh beli es McDonalds. Itu yah nikmatnya enggak ketulungan. Lanjut jalan menuju pasar Berinharjo, eh di jalan ketemu si bapak yang lagi main angklung d pinggir tempat pejalan kaki lalu lalang. Si Bapaknya itu buta loh, tapi mainnya merdu amat. Masuk pasar Beringharjo, ya ampun itu pasar padatnya pakai amat. Kalau ada penjual udara di dalam laris tuh. Intinya masuk enggak jadi beli magic jar nya tapi malah beli baju, celana, mukena, dan lainnya.

Keluar dari pasar serasa hidup kembali. Kita coba jalan cari ujungnya Malioboro. Ehhhh, tahu tahu udah smpai di benteng Vandenburg, itu berarti kita udah ada di pusat kota atau kilometer nol nya jogja. Ternyata kita baru tahu kalau Malioboro tuh dekat kilometer nol. Nah  dekat KM nol tuh enggak jauh dari keraton jogja, alun-alun utara. Karena jiwa petualangan kami tinggi, lanjutlah menuju Keraton. Walapun waktu itu Jogja benar-benar sangat PANAS. Sebelum ke Keraton, ada pasar malam tuh di sekitar situ namanya Sekaten itu acara tahunan mulai desember sampai januari nanti. Berhubung waktu itu siang hari jadi pasar malamnya belum buka (namanya aja pasar malam) jadinya kita lihat-lihat aja disana. Di sekitar situ ada Masjid besar yang arsitekturnya masih jawaaaa banget, namanya Masjid Gedhe Kauman.

Setelah berisitirahat sejenak, lanjut jalan menuju Keraton. Aku sebelumnya udah pernah ke Keraton bareng bapakku jadi udah tahu dikit-dikit jalannya. Udah jalan jauh, panas, pas sampai sana Keratonnya baru saja tutup. Serasa tuh kita udah sampai langit ke tujuh terus jatuh karena kepeleset doang. Kita hnya duduk dibawah pohon rindang dekat Keraon, diterpa angin sepoi-sepoi, sambil beberapa helai daun kering pohon jatuh dan berterbangan diiup angin, sepi, sunyi, dingin, gelap (padahal aslinya ramai banget banyak bule lalulalang, sangat panas pula, dan itu terang benderang kerana pas siang hari) akhirnya balik lagi deh ke Maliobro mau pulang.

Pas jalan menuju jalan pulang langit yang tadi terang banget seketika mendung (Jogja emang lagi musim penghujan). Mau pulang ke Malioboro, lewat KM nol lagi, di sana ada Monumen Batik Yogja, disitu ada gambar-gambar batik, namanya, dan ceritanya. KM nol Jogja itu ramai dan banyak objek wista yang ada di sekitar situ.


Sebelum pulang singgah dulu ke mall Malioboro ke Gramedia. Asik muter-muter di Garamedia sekalian beli buku juga. Mau pulang ternyata di luar udah hujan deras banget, guntur, petir dan teman-temannya yang lain lagi pada reunian. Tapi tenang kita sebagai petualang sejati selalu siap sedia, kita bawa payung dong. Karena udah keburu di tinggal angkot lagi, jadi berusaha nerobos hujan dengan payung seadanya tapi ternyata kami lupa jalan buat cegat busnya di mana. Walaupun payungan tapi tetap aja basah. Sepatu, kaos kaki, celana semuanya ikut basah.

Kali ini jalan-jalan + basah-basahan. Tapi seru, lebih menantang. Ini udah jalan-jalan ke tiga bareng si Intan. Enggak kapok walaupun udah pernah kesasar. Yahh, itulah anak perantauan, mau tahu aja walaupun kantong lagi kering yang penting happy bareng teman-teman.

No comments:

Post a Comment